...

Penggilingan kertas melibatkan pemecahan serat kayu menjadi bubur kayu atau serat-serat yang lebih kecil. Proses ini melibatkan penggunaan bahan kimia dan mekanis. Bahan atau Zat Beracun yang Dihasilkan, yaitu:

Garam Logam Berat

Salah satu bahan beracun yang dapat dihasilkan adalah garam logam berat, seperti merkuri dan timbal. Garam logam berat ini dapat masuk ke dalam lingkungan melalui air limbah pabrik dan dapat menyebabkan pencemaran air.

Senyawa Organik Volatil

Selama proses penggilingan, senyawa organik volatil (VOCs) dapat terbentuk. VOCs adalah senyawa kimia yang dapat menguap ke udara dan berkontribusi pada pencemaran udara. Beberapa VOCs dapat memiliki efek beracun bagi manusia dan lingkungan.

Dioxin dan Furans

Dalam kondisi tertentu, pembakaran sisa-sisa kertas atau proses kimia tertentu dalam penggilingan kertas dapat menghasilkan dioxin dan furans. Ini adalah senyawa yang sangat beracun dan berpotensi merusak lingkungan.

Bahan Kimia Pemutih

Bahan kimia pemutih yang digunakan dalam penggilingan kertas, seperti klorin atau senyawa klorinasi lainnya, dapat menghasilkan senyawa beracun seperti dioksin jika tidak dikelola dengan baik.

Dampak Lingkungan dan Kesehatan

Pencemaran Air dan Udara

Bahan atau zat beracun yang dihasilkan dari penggilingan kertas dapat mencemari air dan udara, yang dapat berdampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia.

Toksisitas Terhadap Organisme

Beberapa zat beracun yang dihasilkan dapat memiliki dampak toksik terhadap organisme di lingkungan, seperti ikan dan makhluk air lainnya.

Dampak Jangka Panjang

Dampak dari bahan atau zat beracun ini dapat terasa dalam jangka panjang, termasuk akumulasi dalam rantai makanan dan potensi efek kesehatan jangka panjang.

Pengelolaan dan Pengendalian

Pengelolaan Limbah

Untuk mengurangi dampak negatif, industri penggilingan kertas harus mematuhi regulasi ketat dalam pengelolaan dan pengendalian limbah.

Penggunaan Bahan yang Lebih Ramah Lingkungan

Industri ini juga dapat mengadopsi teknologi dan bahan yang lebih ramah lingkungan untuk mengurangi penggunaan bahan kimia beracun.

Kesimpulan

Penggilingan kertas adalah proses penting dalam industri kertas, tetapi perlu diingat bahwa proses ini dapat menghasilkan bahan atau zat beracun yang berpotensi merusak lingkungan dan kesehatan manusia.

Penting bagi industri ini untuk mengambil tindakan pengelolaan dan pengendalian yang tepat serta untuk menjaga keberlanjutan dalam produksi kertas. Dengan begitu, kita dapat meminimalkan dampak negatifnya dan memastikan bahwa penggilingan kertas tidak mengorbankan lingkungan dan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *