...

Early Redemption! Penyelamat Dana Investasi di Saat Genting?

Pernahkah kamu panik karena butuh dana darurat, tapi investasi kamu masih terikat? Tenang, early redemption hadir sebagai solusi!

Early redemption, atau pencairan dana awal, adalah fitur yang memungkinkan investor untuk mencairkan sebagian pokok investasi sebelum jatuh tempo. Fitur ini biasanya tersedia di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel, seperti Sukuk Tabungan (ST) dan Sukuk Tabungan Ritel (SBR).

Bagaimana cara kerja early redemption?

Bayangkan kamu membeli ST senilai Rp10 juta dengan tenor 2 tahun. Di tengah masa investasi, kamu membutuhkan dana cepat untuk keperluan mendesak. Nah, dengan early redemption, kamu bisa mencairkan sebagian dari Rp10 juta tersebut.

Keuntungan early redemption

  • Dana cepat saat dibutuhkan: Cocok untuk situasi darurat atau kebutuhan mendesak lainnya.
  • Mencegah kerugian: Jika kamu membutuhkan dana dan terpaksa menjual SBN di pasar sekunder, kamu berpotensi rugi karena harga pasar bisa turun.
  • Fleksibel: Kamu bisa memilih jumlah dana yang ingin dicairkan, asalkan tidak melebihi batas yang ditentukan.

Sebelum melakukan early redemption, perhatikan

  • Syarat dan ketentuan: Setiap SBN memiliki aturan early redemption yang berbeda. Pastikan kamu paham betul sebelum mengajukan permintaan.
  • Biaya: Ada biaya yang dikenakan untuk early redemption, meskipun biasanya tidak signifikan.
  • Dampak pada imbal hasil: Pencairan dana sebelum jatuh tempo akan mengurangi jumlah bunga yang kamu dapatkan.

Early redemption bisa menjadi penyelamat di saat genting. Tapi, gunakan fitur ini dengan bijak dan pertimbangkan dampaknya pada investasi kamu.

Tips

  • Simpan dana darurat: Siapkan dana cadangan untuk kebutuhan mendesak agar kamu tidak perlu terburu-buru mencairkan investasi.
  • Pilih SBN dengan tenor yang sesuai: Pertimbangkan kebutuhan finansialmu saat memilih tenor SBN.
  • Diversifikasi investasi: Jangan menaruh semua dana di satu jenis investasi. Sebarkan ke berbagai instrumen untuk meminimalisir risiko.

Early redemption bukan solusi untuk semua masalah. Gunakan fitur ini dengan bijak dan perhitungkan matang-matang sebelum mengambil keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *