...

Ikan Kembung: Kenali Nama Lainnya yang Unik

Ikan kembung, siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini? Ikan kembung sering menjadi bahan masakan favorit di meja makan kita. Rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau membuatnya menjadi primadona di pasar-pasar ikan.

Namun, tahukah kamu bahwa ikan kembung memiliki beberapa nama lain yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya? Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai nama lain dari ikan kembung, jenis-jenisnya, serta mengungkap alasan mengapa ikan ini begitu populer di Indonesia.

Nama Lain untuk Ikan Kembung

Ikan kembung dikenal dengan berbagai nama di berbagai daerah di Indonesia. Berikut beberapa di antaranya:

1. Ikan Lemuru

Ikan kembung sering disebut sebagai ikan lemuru di beberapa wilayah, terutama di Jawa. Nama ini lebih dikenal di kalangan masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur.

2. Ikan Selar

Di wilayah Sumatra, ikan kembung sering disebut sebagai ikan selar. Nama ini cukup umum digunakan di pulau tersebut.

3. Ikan Mekong

Nama ikan mekong juga kerap digunakan di beberapa daerah di Indonesia, terutama di daerah Kalimantan. Nama ini mungkin terdengar sedikit asing, tetapi sebenarnya merujuk pada ikan kembung yang sama.

4. Ikan Cakalang

Di beberapa daerah di Sulawesi, ikan kembung juga dikenal dengan nama ikan cakalang. Ini adalah salah satu nama lokal yang digunakan untuk menyebut ikan ini.

Jenis-jenis Ikan Kembung

Selain memiliki berbagai nama, ikan kembung juga memiliki beberapa jenis yang berbeda. Jenis-jenis ikan kembung yang paling umum ditemui di Indonesia antara lain:

1. Kembung Biasa

Ini adalah jenis ikan kembung yang paling umum dijumpai di Indonesia. Ikan ini memiliki tubuh yang agak pipih dan warna yang cenderung kebiruan. Rasanya sangat lezat dan cocok untuk berbagai jenis masakan.

2. Kembung Papan

Kembung papan memiliki ciri khas tubuhnya yang lebih panjang dan pipih, mirip dengan papan. Ikan ini sering digunakan untuk membuat ikan asin dan terasi.

3. Kembung Sardin

Jenis ini memiliki tubuh yang lebih kecil dan ramping dibandingkan dengan kembung biasa. Ikan kembung sardin sering digunakan untuk membuat makanan kaleng, seperti sarden.

Kelezatan Ikan Kembung

Ikan kembung memang terkenal karena rasanya yang lezat. Ikan ini memiliki daging yang kenyal dan gurih, sehingga cocok untuk berbagai jenis masakan. Berikut beberapa cara populer untuk mengolah ikan kembung:

1. Ikan Kembung Goreng

Salah satu cara paling sederhana dan lezat untuk mengolah ikan kembung adalah dengan menggorengnya. Ikan kembung goreng dengan bumbu yang pas akan menghasilkan hidangan yang lezat dan renyah.

2. Ikan Kembung Bakar

Ikan kembung bakar adalah pilihan yang populer di berbagai restoran. Dengan bumbu yang meresap dan aroma bakaran yang menggoda, hidangan ini selalu menjadi favorit banyak orang.

3. Pepes Ikan Kembung

Pepes ikan kembung adalah hidangan tradisional Indonesia yang memadukan ikan kembung dengan rempah-rempah dan daun pisang. Hasilnya adalah hidangan yang sangat khas dan lezat.

Mengapa Ikan Kembung Populer?

Ada beberapa alasan mengapa ikan kembung begitu populer di Indonesia. Pertama, ikan ini mudah ditemukan di perairan Indonesia, sehingga harganya terjangkau. Selain itu, rasa dagingnya yang lezat membuatnya cocok untuk berbagai jenis masakan, dari yang sederhana hingga yang lebih mewah.

Selain itu, ikan kembung juga kaya akan nutrisi. Ikan ini mengandung protein tinggi, asam lemak omega-3 dan berbagai vitamin dan mineral penting. Makan ikan kembung secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Kesimpulan

Jadi, meskipun ikan kembung memiliki berbagai nama lain di berbagai daerah di Indonesia, rasanya yang lezat dan ketersediaannya yang melimpah membuatnya tetap menjadi salah satu ikan favorit di meja makan kita.

Dengan berbagai jenis dan cara memasaknya yang beragam, ikan kembung selalu siap memanjakan lidah kita. Jadi, jangan ragu untuk mencoba hidangan-hidangan lezat dari ikan kembung ini di rumah atau restoran kesayanganmu. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *