...

Pengertian Floating Profit dalam Trading, Simak Penjelasannya!

Dalam dunia perdagangan, terdapat banyak istilah dan konsep yang mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Salah satu konsep yang sering muncul dalam perdagangan adalah “floating profit” atau “keuntungan mengambang.”

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu floating profit, bagaimana cara menghitungnya dan bagaimana pengaruhnya terhadap kamu sebagai seorang trader. Mari kita mulai dengan pemahaman dasar.

Apa Itu Floating Profit?

Floating profit adalah keuntungan atau kerugian yang belum direalisasikan pada posisi perdagangan terbuka. Dalam kata lain, ini adalah selisih antara harga saat ini dari aset yang kamu miliki dengan harga beli awal aset tersebut.

Floating profit akan berubah seiring perubahan harga pasar, dan hanya akan menjadi keuntungan yang sebenarnya ketika posisi tersebut ditutup.

Bagaimana Menghitung Floating Profit?

Menghitung floating profit sederhana jika kamu memahami beberapa konsep dasar:

1. Harga Beli (Entry Price)

Ini adalah harga di mana kamu membeli aset atau instrumen finansial. Harga beli ini menjadi acuan untuk menghitung floating profit.

2. Harga Sekarang (Current Price)

Ini adalah harga aset atau instrumen finansial saat ini di pasar. Harga ini akan terus berfluktuasi seiring perubahan harga pasar.

3. Floating Profit (Floating Profit/Loss)

Floating profit dihitung dengan rumus berikut:

javaCopy code

Floating Profit = (Current Price - Entry Price) x Lot Size

  • Current Price adalah harga saat ini.
  • Entry Price adalah harga beli awal.
  • Lot Size adalah jumlah unit atau kontrak yang kamu perdagangkan.

Apa Pengaruh Floating Profit terhadap Kamu sebagai Trader?

Floating profit bisa memiliki pengaruh besar terhadap trader. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

1. Tingkat Stres

Ketika kamu memiliki posisi perdagangan dengan floating profit yang signifikan, perasaan stres bisa muncul. Kamu mungkin akan tergoda untuk menutup posisi terlalu cepat atau terlalu lambat.

2. Pengambilan Keputusan

Floating profit juga dapat memengaruhi keputusan trading kamu. Kamu mungkin cenderung berpegang pada posisi terlalu lama atau terlalu singkat karena takut kehilangan keuntungan atau mengalami kerugian yang lebih besar.

3. Pengelolaan Risiko

Penting untuk memiliki rencana pengelolaan risiko yang baik. Jangan terlalu serakah dengan floating profit yang besar dan selalu tetapkan stop-loss untuk melindungi modal kamu.

4. Realisasi Keuntungan

Floating profit hanya menjadi keuntungan yang sebenarnya saat kamu menutup posisi tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memiliki strategi keluar yang baik.

Kesimpulan

Floating profit adalah konsep penting dalam trading yang perlu dipahami oleh setiap trader. Ini adalah keuntungan atau kerugian yang belum direalisasikan pada posisi perdagangan terbuka.

Untuk menghadapinya dengan baik, kamu perlu memiliki rencana trading yang solid, mengelola risiko dengan bijak dan tetap tenang dalam menghadapi perubahan harga pasar.

Dengan pemahaman yang baik tentang floating profit, kamu dapat meningkatkan kinerja trading kamu dan mengambil keputusan yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memahami konsep floating profit dalam dunia trading.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *