...

Yuk, Ganti JPG ke WebP Biar Hemat Ruang Penyimpanan!

Siapa yang suka pusing karena galeri HP penuh? Nah, salah satu solusinya adalah dengan mengganti format foto kamu dari JPG ke WebP!

WebP itu apa sih? Singkatnya, WebP adalah format gambar yang dibuat oleh Google dan menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan JPG, yaitu:

  • Ukuran file lebih kecil: WebP bisa mengompres gambar hingga 30% lebih kecil dibandingkan JPG, tanpa mengurangi kualitas gambar secara signifikan.
  • Memuat lebih cepat: Ukuran file yang lebih kecil ini membuat gambar WebP memuat lebih cepat di website, sehingga menghemat waktu dan bandwidth. ⏳
  • Mendukung transparansi: WebP mendukung gambar transparan, yang membuatnya cocok untuk logo, ikon, dan gambar lainnya.

Gimana cara convert JPG ke WebP?

Tenang, ada banyak cara mudah untuk convert JPG ke WebP, lho! Berikut beberapa caranya:

1. Website converter online

Cara pakai website ini gampang banget! Tinggal upload file JPG kamu, pilih format WebP, dan klik “Convert”. File WebP yang sudah dikonversi bisa langsung kamu download.

2. Aplikasi desktop

Aplikasi desktop ini menawarkan lebih banyak kontrol dan fitur saat convert JPG ke WebP.

3. Plugin browser

Plugin ini memungkinkan kamu untuk convert JPG ke WebP langsung di browser, tanpa perlu upload file ke website lain.

Tips

  • Pilih kualitas konversi yang sesuai: Jika kamu ingin menghemat ruang penyimpanan sebanyak mungkin, pilih kualitas “Low”. Namun, jika kamu menginginkan kualitas gambar yang lebih baik, pilih kualitas “Medium” atau “High”.
  • Gunakan aplikasi yang mendukung batch conversion: Jika kamu ingin convert banyak file JPG sekaligus, gunakan aplikasi yang mendukung batch conversion.

Yuk, cobain convert JPG ke WebP sekarang! Dijamin galeri HP kamu jadi lebih hemat ruang dan website kamu jadi lebih cepat! Jangan lupa share informasi ini ke teman-teman kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *